Sunday, June 10, 2012

Aswang Hantu Filipina

[imagetag]


Aswang atau White Lady adalah setan kuburan dalam dongeng-dongeng filipina. Aswang boleh di bilang drakula dari filipina. Mitos-mitos aswang populer di daerah visayan barat kaya di daerah capiz, iloilo ama antique.

Ciri khas aswang daripada makhluk supranatural filipina lain adalah kecendrungan untuk menutupi bangkai hasil buruan mereka dengan batang pisang. Katanya mereka juga suka makan anak kecil. Bagian tubuh favoritnya yaitu liver (hati) serta jantung. di daerah capiz terkenal dengan sebutan tik-tik atau wak-wak, karena suaranya yang terdengar begitu. Suaranya kerap terdengar di beberapa tempat dan suaranya juga kalau dari jauh terdengar tik-tik atau wak-wak tapi kalau dari dekat kedengarannya beda lagi.

Kabarnya mereka suka tinggal di daerah pegunungan dan tak pernah ke kota…..tapi pernah terdengar kabar bahwa mereka terlihat juga di kota. Menurut para sesepuh filipina, aswang bisa berubah ke wujud manusia atau hewan kaya anjing, babi dan burung hitam

Ada juga tipe aswang yg suka mencari ibu yang sedang hamil dan menghisap darah kandungannya. Caranya dengan mereka memasukkan belalai mereka yang panjang melalui rahim dan menghisap darah janin, sehingga janin di kandungan mati.

Aswang juga ada yang berujud wanita cantik di siang harinya terus jadi setan kelelawar dimalem harinya.

Fakta lain:
Aswang juga sebutan untuk tukang daging ama pembuat sosis di filipina
Apabila para aswang ini memiliki anak maka hanya keturunannya yang perempuanlah yang mewarisi darah aswangnya.

#23abfc

No comments:

Post a Comment